Pages

Rabu, 08 Oktober 2014

Teknologi Grafik Komputer & Pengolahan Citra di Sekitar Kita

Di zaman teknologi seperti sekarang ini banyak dari kita yang sering berinteraksi dengan teknologi yang disebut “Grafik Komputer” dan atau “Pengolahan Citra”. Tapi ada diantara kita yang pernah mendapat manfaat dari teknologi ini namun tidak tahu sama sekali tentang apa itu grafik computer dan pengolahan citra. Maka artikel kali ini akan membahas tentang dua hal tersebut.
Apa anda pernah memainkan sebuah game VR? Atau melakukan foto rontgen? Atau contoh lainnya apakah anda pernah menonton film The Adventures of TINTIN? Ya, itu adalah beberapa contoh dari pemanfaatan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra. 

“Grafik Komputer” sendiri diartikan sebagai suatu teknik atau proses untuk menciptakan atau membuat suatu gambar sesuai dengan objek tersebut di alam nyata. Sedangkan “Pengolahan Citra” adalah memperbaiki kualitas citra, proses editing, dan proses pengubahan suatu citra menjadi citra lain. Citra disini adalah hasil dari penangkapan (capture) sebuah objek nyata melalui media yang relevan seperti kamera. Jadi pengolahan Citra lebih memfokuskan diri sebagai pengolah citra melalui serangkaian prosedur, algoritma dan tools yang digunakan agar hasil citra yang diberikan menjadi lebih baik.

Sejarah pengembangan grafik komputer bermula di era 1950-an. Pada saat itu komputer masih sederhana. Teknologi grafik komputer tersebut hanya dapat menampilkan A/D Converter lalu berlanjut era 1960-1970 mulai dikenal dengan gambar wireframe yakni garis-garis pembentuk objek. Lalu setelah itu grafik komputer hadir sebagai bentuk interaktif artinya grafik komputer dapat berinteraksi kepada manusia melalui serangkaian informasi yang diberikan melalui objek yang diberikan ide tersebut digagas oleh Ivan Sutherland dalam tesis PhD nya. Tujuannya adalah agar manusia dan mesin dapat saling berinteraksi yaitu mesin dapat mengetahui apa yang harus dilakukan dengan memproses masukan dari si user misal menggunakan lightpen lalu mesin akan menampilkan hasil proses tersebut kepada user. Kemudian grafik komputer mengalami perkembangan yang lebih canggih dari teknologi 2D menjadi grafik komputer 3D. Cabang ilmu komputer ini memiliki dua cabang lagi, yaitu pengolahan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition).
Berikutnya mari kita mengenal lebih jauh tentang manfaat dari teknologi grafik computer dan pengolahan citra yang ada disekitar kita:


Grafik Komputer
a.       Virtual Realty

Ini semacam teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone. Diantara aplikasinya adalah game VR.

b.      Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan aplikasi pengolahan citra dapat dilakukan melalui layanan presentasi slide yang dihadirkan oleh Microsoft Powerpoint ataupun OpenOffice Impress disini siswa disajikan hasil presentasi melalui layanan slide yang direpresentasikan melalui PC dan Projector. Adapun layanan virtual class yang menyajikan cara belajar melalui virtual environment seperti tampilan video melalui flash serta tutorial bersifat video yang interaktif.

c.       Bidang Perancangan (Computer Aided Design )


Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. CAD adalah aplikasi yang diperuntukan bagi pemakai dalam mendesign sebuah kerangka nyata seperti mobil, rumah, pesawat, perangkat elektronik yang berbasis komputer guna memudahkan perancangan kerangka objek yang nantinya akan dihasilkan.

d.      Computer art

Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.


e.       Bidang Hiburan

Misalkan pada film, grafik komputer akan menghasilkan efek animasi yang baik dan akan tampak seperti nyata.

 Pengolahan Citra
a.        Bidang kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.

b.         Bidang visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain.


c.     Mikroskop elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan dalam patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak tugas-tugas lainnya.
 
Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Grafik Komputer:
·         Berorientasi vector
·         Menggunakan model 2D/3D hasil realistic
       Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi
·    
Pengolahan Citra:
·         Berorientasi pixel
·         Mengolah data citra untuk mendapatkan interprestasi 2D/3D
·         Menitik beratkan pada manipulasi citra sesuai dengan keperluan user



       
Sumber referensi:


http://staffsite.gunadarma.ac.id/avi/index.php?stateid=files



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar